Sabtu, 12 Januari 2013

WBS (Work Breakdown Structure) PENULISAN ILMIAH


WBS (Work Breakdown Structure) adalah suatu metode pengorganisaian proyek menjadi struktur pelaporan hieraraki. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail. Hal ini dimaksudkan agar proses perencanaan proyek memiliki tingkat yang lebih baik.

WBS disusun bedasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci yang disebut sebagai Wok Breakdown Structure.

Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :
1. Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertiancakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggotauntuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
2. WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

Dalam pembuatan Kamus Istilah Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar ini penulis menggunakan struktur navigasi linier. Struktur navigasi linier merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita berurut. Struktur navigasinya adalah sebagai berikut :

Struktur WBS 

Berikut rancangan Kamus Istilah Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar