Sabtu, 13 Oktober 2012

Supply Chain Management (SCM) Pada Produksi Biskuit

Tugas Pertama KSI Lanjut, Revisi 

Supply Chain adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk supplier, pabrik, distributor, toko atau ritel, sertu perusahaan pendukung seperti jasa logistik.Ada 2 macam hal yang harus dikelola dalam supply chain yaitu :
·         Yang pertama, aliran barang dari hulu ke hilir contohnya bahan baku yang dikirim dari supplier ke pabrik, setelah produksi selesai dikirim ke distributor, pengecer, kemudian ke pemakai akhir.
·         Yang kedua, aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari hilir ke hulu dan ketiga adalah aliran informasi yang bisa terjadi dari hulu ke hilir atau sebaliknya.


Pihak yang terlibat dalam supply chain biskuit kaleng tersebut adalah :
1. penghasil gandum 
2. penghasil tebu 
3. penghasil garam
4. penghasil aluminium 
5. pabrik tepung terigu 
6. pabrik gula 
7. distributor garam 
8. pabrik kaleng 
9. pabrik biskuit 
10. distributor biskuit 
11. supermarket 
12. perusahaan transportasi dan pergudangan.


Pemasok bahan mentah seperti gandum, tebu dan alumunium di olah oleh masing-masing pabrik menjadi bahan baku jadi. Penghasil garam mensuply kepada distributor, yang disebut dengan distributor garam. 
Bahan baku jadi yang telah diproses oleh pabrik dan distributor akan di supply kepada Pabrik Biskuit. Pembuatan biskuit ini meliputi proses uji kelayakan dari masing-masing bahan untuk mendapatkan kualitas biskuit yang baik. Komposisi dari biskuit ini adalah tepung terigu, gula, garam. Lalu bahan jadi tersebut diolah menjadi biskuit. Biskuit dikemas oleh plastik, trakhir dibungkus dalam kemasan kaleng. Proses pengemasan produk di lakukan secara teliti agar biskuit tersebut steril untuk dikonsumsi oleh konsumen.
Biskuit yang telah jadi siap di kirim kepada distributor lokal dan distributor internasional. Distributor lokal menyalurkan biskuit ke supermarket, grosir, pasar tradisional, dan pedagang eceran.  Lalu produk yang telah disalurkan oleh distributor bisa di nikmati oleh konsumen di supermarket dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar