Sabtu, 29 Juni 2013

JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK

Nama               : Cony Maulina
Kelas               : 4KA10
NPM               : 11109316

JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK
Software Quality Assurance [SQA]

Jaminan  kualitas  perangkat  lunak    adalah  aktivitas  pelindung  yang  diaplikasikan  pada  seluruh  proses  perangkat lunak. 

SQA meliputi :
1. pendekatan manajemen kualitas
2. teknologi  rekayasa  perangkat  lunak  yang  efektif  (metode dan peranti)
3. kajian  teknik  formal  yang  diaplikasikan  pada  keseluruhan proses perangkat lunak
4. strategi pengujian multitiered (deret bertingkat)
5. kontrol dokumentasi perangkat lunak dan perubahan 
6. prosedur untuk menjamin kesesuaian dengan standard pengembangan perangkat lunak 
7. mekanisme pengukuran dan pelaporan.

Kontrol Kualitas  
Kontrol  kualitas  merupakan  serangkaian  pemeriksaan,  kajian, dan pengujian yang digunakan pada keseluruhan  siklus  pengembangan  untuk  memastikan  bahwa  setiap
produk memenuhi persyaratan yang ditetapkan. 

Konsep kunci kualitas kontrol adalah bahwa semua produk  kerja memiliki spesifikasi yang telah ditentukan dan dapat  diukur  dimana  kita  dapat  membandingkan  output  dari
setiap proses.  Kalang (loop) menjadi penting untuk meminimalkan cacat yang dihasilkan.

Jaminan kualitas
Jaminan kualitas terdiri atas fungsi auditing dan pelaporan  manajemen. 

Tujuan jaminan kualitas adalah : 
1. Untuk memberikan data yang diperlukan oleh manajemen
2. Untuk  menginformasikan  masalah  kualitas  produk,
sehingga dapat memberikan kepastian & konfidensi bahwa kulitas produk dapat memenuhi sasaran. 

Biaya Kualitas

Biaya  kualitas  menyangkut  semua  biaya  yang  diadakan  untuk mengejar kualitas atau untuk menampilkan kualitas yang berhubungan dengan aktivitas.  Studi tentang biaya kualitas dilakukan untuk memberikan garis  dasar  bagi  biaya  kualitas  yang  sedang  digunakan,  untuk  mengidentifikasi  kemungkinan  pengurangan biaya kualitas  serta  memberikan  basis  perbandingan  yang ternormalisasi.

Biaya  kualitas  dapat  dibagi  ke  dalam  biaya-biaya  yang  dihubungkan dengan :
a. pencegahan 
b. penilaian 
c. kegagalan. 

a) Biaya pencegahan meliputi :
1. Perencanaan
2. Kajian teknis formal
3. Perlengkapan pengujian
4. Pelatihan 

b) Biaya  penilaian meliputi :
1. Inspeksi in-proses dan interproses
2. Pemeliharaan dan kalibrasi peralatan
3. Pengujian 

c) Biaya kegagalan
Biaya kegagalan adalah biaya yang akan hilang bila tidak  ada  cacat  yang  muncul  sebelum  produk  disampaikan  kepada pelanggan. Biaya kegagalan internal adalah   biaya yang diadakan bila kita mendeteksi suatu kesalahan  dalam produk sebelum produk dipasarkan.   
Biaya kegagalan internal meliputi: 
1. Pengerjaan kembali 
2. Perbaikan 
3. Analisis mode kegagalan  
 
Biaya kegagalan eksternal adalah biaya  yang  berhubungan  dengan  cacat  yang  ditemukan 
setelah produk disampaikan kepada pelanggan. Biaya kegagalan eksternal meliputi: 
1. Resolusi keluhan 
2. Penggantian dan pengembalian produk 
3. Dukungan help line 
4. Kerja jaminan 
 
Biaya relatif  mendapatkan dan membetulkan cacat bertambah secara dramatis pada saat kita melangkah dari  pencegahan  ke  pendeteksian  dan  dari  kegagalan  internal   ke kegagalan eksternal.  
    
PENDEKATAN FORMAL TERHADAP SQA 
Kualitas     perangat      lunak     merupakan tugas    setiap  orang  &  kualitas  dapat  dicapai  melalui  analisis,  desain,  pengkodean, dan pengujian yang     baik    serta    aplikasi  standar pengembangan perangkat lunak yang diterima. Pada   lebuh   dari   dua   dekade,   segmen   komunitas  rekayasa  perangkat  lunak  yang  kecil  tetapi  vokal  telah memperlihatkan bahwa dibutuhkan suatu    pendekatan  yang  lebih  formal  terhadap  jaminan  kualitas  perangkat  lunak. Pembuktian matematis terhadap kebenarannya dapat  diaplikasikan untuk      menunjukkan bahwa  program  menyesuaikan diri secara tepat dengan spesifikasinya.  
 
JAMINAN KUALITAS STATISTIK (SQA) 
Jaminan kualitas statistic mencerminkan trend yang sedang  tumbuh  di  seluruh  industri  untuk  menjadi  lebih kuantitatif terhadap kualitas. Pada perangkat lunak, jaminan kualitas      statistic mengimplikasikan langkah-langkah berikut ini: 
1. Informasi tentang cacat perangkat lunak dikumpulkan dan dipilah-pilahkan. 

2. Melakukan  suatu  usaha  untuk  menelusuri  masing-masing cacat sampai ke penyebab pokoknya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar