Kamis, 04 April 2013

Tugas Etika & Profesionalisme TSI

Nama   : Cony Maulina
Kelas   : 4KA10
NPM   : 11109316    

SOAL A
1. Buatlah paper mengenai analisa terhadap jenis pekerjaan apa saja yang ada di Sektor Pemerintahan, untuk lulusan Program Studi  Sistem Informasi.
Jawab :
            Bidang Ilmu Sitem Informasi sangat dibutuhkan dalam mengisi formasi kerja baik sektor formal dan informasi. Disektor formal misalnya di Instansi Pemerintah, Perbankan, Perusahaan swasta dan pemerinta, pendidikan dan latihan. Sedangkan di sektor informal dapat menjadi pemain utama dalam industry jasa konsultasi, pengembang web, pengembang sistem informasi perusahaan dan lembaga, dan trader.
            Pada era industri dimana industri menjadi penopang utama perekonomian dunia yang dimulai sejak awal abad 20, pada akhir abad yang sama bergeser dengan pasti ke era digital dimana pertumbuhan ekonomi didominasi oleh industri baik jasa maupun manufaktur dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bahkan dibeberapa negara Asia Timur seperti Korea Selatan, Taiwan, dan yang lainnya, sektor TIK ini yang menjadi penopang utama negara mereka keluar dari krisis ekonomi diakhir abad 20 yang lalu.
            Era digital ini juga dirasakan di negara kita, baik di sektor pemerintahan maupun swasta, mulai dari korporat dan instansi besar sampai ke usaha kecil dan menengah. Pada skala korporat besar terutama perbankan dan telekomunikasi, TIK adalah “otak” (bussines inteligent) dari usahanya, artinya tanpa TIK usaha di sektor ini berhenti. Demikian juga korporat besar di sektor lain, seperti properti, distributor dan lainnya dimana TIK sudah menjadi tulang punggung kegiatan bisnisnya. Hal yang sama untuk usaha kecil bahkan mikro atau bisnis perorangan dimana dengan bantuan teknologi ini khususnya teknologi internet dan web transaksi bisnis mulai dari pemasaran, pemesanan bahkan pembayaran bisa terjadi secara maya yang dikenal sebagai e-commerce. Tidak ketinggalan pihak pemerintah dengan e-government seperti e-pajak, e-procurement dan yang terakhir adalah e-KTP, yang mana ini akan menjadi sumber ide untuk e-layanan yang lainnya.
            Semua hal diatas dengan sendirinya mendorong potensi bisnis di disektor TIK itu sendiri, baik sebagai penyedia jasa internet, bisnis konten, data center, konsulan TIK, bisnis pelatihan TIK maupun pengembang software yang sudah tumbuh subur di negara kita ini dan mashi banyak lagi jenis usaha di bidang TIK.
            Lulusan Program Studi Sistem Informasi yang ditempatkan di sector pemerintahan dapat ditempatkan pada posisi yang dilihat dari kemampuan seorang pegawai. Contohnya adalah :
1. Pada Staff Junior :
Data Analyst,  Computer Operator Leader,  Software Tester,  Help Desk Analyst, Web Designer, Programmer.
2. Pada Staff Senior : OLPT Analyst,  System Analyst,  Database Designer, Software Designer, Web Application Designer, Web Analyst, Enterprise Architect.
3. Pada Manager Menengah : Database Adminstrator, Software/System Development Project Manager, Bussines Inteligent Supervisor, Network Service Supervisor, System Implementation, Project Manager.
4. Manajer : Data Warehouse Manager, System Development Manager, Enterprise Architecture Manager.

2. Berikan contoh studi kasus terkait pelanggaran terhadap etika profesi dibidang Sistem Informasi dan  penerapan etika profesi dibidang Sistem Informasi.
Jawab :
a.Cohntoh kasus : Penyebaran Virus Secara Sengaja
Penyebaran virus umumnya dilakukan dengan menggunakan email. Seringkali orang yang system emailnya terkena virus tidak menyadari hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ke tempat lain melalui emailnya.
Contoh kasus : Virus Mellisa dan Sircam.

b. Penerapan
1. Berjalannya control dan pengawasan.
2. Adanya kesadaran etis dan moralitas.

REFERENSI :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar